Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)


 
Muhammadiyah adalah pelopor gerakan tajdid (pembaharu) yang tidak menghendaki adanya Tahayul, Bid’ah, Khurofat, Syirik dan Taqlid buta dalam aqidah dan ibadah umat Islam.
Pembaharuan yang dilakukan Muhammadiyah adalah menyatukan ajaran “Ar ruju’ ila al Qur’an wa Al Sunnah” (kembali kepada Qur’an dan Sunah) dengan semangat “Ijtihad dan Tajdid.

Pengertian Tahayul adalah :
Kata tahayul berasal dari bahasa Arab yang artinya: berangan-angan tinggi, melamun, membayangkan atau menghayal (Kamus Munawwir).  Mengkait-kaitkan kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan sesuatu, yang mana tidak ada dasarnya di dalam ajaran Islam. Sebagai contoh tahayul adalah : mempercayai akan mendapatkan rejeki ketika orang tertimpa kotoran cicak. Atau suara burung yang dianggap aka nada tamu yang dating, dan lain sebagainya.

Pengertian Churofat adalah :
Hampir sama dengan tahayul, tetapi lebih dikaitkan dengan aqidah. Menganggap sesuatu memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi manusia. Khurofat lebih dekat kepada syirik, sehingga sangat berbahaya dalam aqidah seseorang.

Pengertian Bid’ah adalah :
Bid’ah pada dasarnya berarti sesuatu yang baru. Bid’ah merupakan amalan baru dalam ibadah yang belum pernah ada di masa Rasulullah SAW. Bid’ah dalam ibadah sebuah kesesatan dan sesat akan masuk neraka.
“Barangsiapa yang mengada-adakan hal baru dalam urusan kami ini (agama) padahal bukan dari bagiannya maka ia tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengertian Syirik adalah :
Syirik berarti menduakan Allah. Membuat tandingan-tandingan selain Allah. Syirik merupakan dosa besar yang tidak diampuni Allah. Sebagai contoh syirik adalah meminta keselamatan kepada dukun atau paranormal, padahal sumber keselamatan hanya dari Allah SWT.

Pengertian Taqlid adalah :
Taqlid berarti mengikuti seseorang. Mengikuti pendapat seseorang. Yang tidak boleh adalah mengikuti seseorang tanpa mengetahui dasarnya.

Comments

  1. wah bahaya itu bisa" amalan kita tertolak gara" itu

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hebat Kedudukan Al-Qur'an bisa dikalahkan ,Katanya Al-Qur'an sumber segala Hukum.

      Delete
  3. Thank you so much.... It's very help me...

    ReplyDelete
  4. Karna banyak hal hal seperti itu kita harus banyak beramal baik Dan berdoa kepada Allah agar dijauhi dari hal hal tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan berdoa bid'ah,Tahlil bid'ah, musyirik itu, bagian dari TBK itu

      Delete
  5. Saya sebagai muslim sangat salut dan mengapresiasi gerakan dan langkah organisasi Muhammadiyah dalam membentengi akidah umat dari Penyakit Masyarakat (pekat), yakni Takhyul, bid'ah dan Churafat serta Taklid buta. Dari aspek Pendidikan, ekonomi, dan relijiusitas sungguh unggul dan maju serta visioner yg mampu menjawab tantangan Zaman dan kebutuhan masyarakat karena pendekatan yg digunakannya ilmiah, modern, dan profesional : BERILMU AMALIAH & BERAMAL ILMIAH!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bahaya itu adalah Penyakit Hati (Iri,Dengki,Hasud,Khianat,Syirik menyamakan Allah dengan Manusia biasa, Pengikut Fir'aun Penjahat Perang)

      Delete
  6. Madsud nya itu terima kasih yang sebesar-besarnya itu madsud nya

    ReplyDelete
  7. Wow keren ini bisa diam saja ketika itu di atas adalah dan tugas 2 dan tugas 2 dan tugas 2 dan buntut sapi 🐮🐮🐮🐮🐮🐮🐮🐮 yang tidak bisa masuk kiroat karena tidak dapat dimuat di media massa di water heater gas dan buntut dari pada truk re 😂 yang tidak dapat tugas yang ada di water treatment and research and download using water buffalo soldier soldier side and download using water and the copyright of hell yeah you so aku baru saja selesai pada truk re 😂 yang tidak bisa diam diam suka kamu mau menjadi salah hhhhh dan buntut yang punya identitas diri dan tugas 3 dan buntut sapi 🐮 dan mengumpulkan tugas bu yang tidak dapat tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang istri dan tugas 3 dan tugas pembantuan

    ReplyDelete
  8. Tidak ingat dunia menurut pengalaman mendengar & melihat sering kali sengaja sakit sebab tekanan mental, fisik maupun kehabisan material untuk kebutuhan biologis/ umur tersebut diakui mempunyai latar belakang sekaligus simulasi & manipulasi peranan untuk keadaan yg di kriminalkan. Maksudnya Aman dari hukuman peristiwa dan denda-dendanya, lalu Gara-gara di langkahin oleh keadaan orang lain dan kendalanya tak pernah berhenti sehingga kebingungan yang menjadikan berat badan saya naik secara drastis tapi sekalipun cemas dengan diri saya sendiri itupun penolakan suatu kondisi yang meringankan kendali kehidupan sampai saat ini.

    ReplyDelete
  9. Wah.., bahaya itu..
    Gara gara itu, bisa perang kita..

    Ada mendung, dianggap akan adanya turun hujan.., Tahayul apa Ilmiah???

    HP kita yakini bisa mempengarui manusia, khurofat apa Ilmiah?

    Berjabat tangan setelah shalat, Bid'ah apa Sunnah???

    Harus hati2 dlm menjustifikasi, jgn asal, krn bs memicu pertumpahan darah sesama Mu'min.

    WallahuA'lam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ghulam Mirza ahmad juga yang mengaku Rosul,Nabi,Al Masih dan Imam Mahdi ,ngakunya Tajdid sang mujadid (Pembaharu)

      Delete
    2. Setuju saudaraku, ini murni memperselisihkan pepesan kosong hanya Mempertontonkan Perang Kata-kata saja,akhirnya bs mengadu domba Rakyat Indonesia Perang Saudara

      Delete
  10. Ibrahim Nenek Moyangku bukanlah Penyembah Matahari,Bulan dan Bintang-bintang apalagi Penyembah Dajjal-dajjal Penjahat Perang yang ingin kuasai Dunia hingga (Sampai) saat ini.

    ReplyDelete
  11. Tahlilan tidak ada di zaman Nabi.
    Pakai Handphone tidak ada dizaman Nabi
    Pakai Motor,Mobil,Kacamata,Celana Jeans bidah tidak ada dizaman Nabi apalagi Internet tidak ada dizaman Nabi,Parpol tidak dizaman Nabi.

    ReplyDelete
  12. Lebih baik diam, alias jangan comment kalo ilmu agama kita masih minim, baca dan ikuti aja jika mau apa yang dimaksud dengan TBC tersebut..
    Wallahu a'lam..

    ReplyDelete
  13. mau lihat orang kena TBC?...ya. ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)