Thursday, November 19, 2015

4 Sikap Muhammadiyah Tentang Kelompok Minoritas



Berbagai peristiwa diskriminasi terhdap kelompok minoritas terjadi di berbagai belahan dunia. Kelompok minoritas etnis, agama, ras dan budaya seringkali mendapat tekanan, intimidasi, diskriminasi, dan kekerasan oleh kelompok mayoritas. Berbagai perilaku negative seperti rasisme, bahkan pembersihan etnis masih terus terjadi di beberapa Negara.


Jika diskriminasi dari mayoritas terhdap minoritas ini tidak dihentikan, maka dunia akan terus dipenuhi dengan kekerasan, sehingga mata rantai diskriminasi ini harus dihentikan.
Berikut adalah 4 sikap Muhammadiyah tentang Kelompok Minoritas :
1.       Muhammadiyah memandang bahwa ukhuwah insaniyah sebagaimana terkandung di dalam Al-Qur’an Surat Al Hujurat ayat 13 menjunjung tinggi kemanusiaan universal tanpa memandang latar belakang etnis, agama, dan unsure primordial lain sebgai bagian penting dari ajaran Islam.
2.       Muhammadiyah memandang bahwa kehadiran Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin berpijak pada sunnah nabi.
3.       Muhammadiyah memandang bahwa golongan yang besar harus melindungi dan menyayangi yang kecil /minoritas. Demikian pula golongan yang kecil harus menghormati yang besar.
4.       Muhammadiyah menganjurkan kepada seluruh institusi yang ada dibawahnya untuk selalu menjadi pelindung terhadap kelompok minoritas yang tertindas.


0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive