Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam



Ciri Khusus Muhammadiyah
1.       Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
2.       Muhammadiyah sebagai Gerakan Da’wah
3.       Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid

Ciri Gerakannya Muhammadiyah :
1.       Dinamis
2.       Aktif
3.       Kreatif
4.       Inisiatif
5.       Optimis

Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Langkah geraknya berdasarkan Prinsip Ajaran Islam
Penjelasan :  hanya Islam yang dpt mengatur kehidupan manusia menuju kesejahteraan dunia akhirat.
Dalil Naqli :
1.                   Kebenaran Islam : QS. Ali Imran 19 dan 85
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah Maka Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.” (Ali Imran : 19)
“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi.” (Ali Imran : 85)
2.                   Ketinggian & Kesempurnaan Islam : QS. Al Maidah 3
“…..pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu……”

Muhammadiyah sebagai Gerakan Da’wah
Penjelasan : Dalam mewujudkan cita-cita dan keyakinannya muhammadiyah menggunakan cara da’wah Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan Hikmah Kebijaksanaan.
Mengajak, memanggil, menyeru tidak jemu2, tidak memaksa, tidak boleh marah dan putus asa. Karena hidayah hak prerogatif Allah SWT.
Dalil Naqli:
1.                   QS. Ali Imran 110
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”
2.                   QS. An Nahl 125
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah [*] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

[*] Hikmah adalah ialah Perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.

Muhammadiyah Sebagai Gerakan Tajdid
Penjelasan : Muhammadiyah adalah pelopor gerakan tajdid (pembaharu) yang tidak menghendaki adanya Tahayul, Bid’ah, Khurofat dan Taqlid buta dalam aqidah dan ibadah umat Islam.
Pembaharuan yang dilakukan Muhammadiyah adalah menyatukan ajaran “Ar ruju’ ila al Qur’an wa Al Sunnah” (kembali kepada Qur’an dan Sunah) dengan semangat “Ijtihad dan Tajdid



Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)