Sunday, August 30, 2015

Indonesia Berkemajuan Menurut Muhammadiyah



Dalam Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar pada 3-7 Agustus 2015 yang lalu, Muhammadiyah mengusung tema yang sangat fenomenal yaitu “Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan”. Muncul pertanyaan, bagaimanakah yang dimaksud dengan Indonesia berkemajuan itu? Nah dalam beberapa tulisan, akan saya ulas dari beberapa sumber.
Indonesia Berkemajuan adalah suatu pemikiran yang mendasar dan mengnadung rekonstruksi yang bermakna dalam kehidupan kebangsaan bagi terwujudnya cita-cita Negara dan bangsa yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat sejajr dengan bangsa dan negara lain yang telah mencapai keunggulan.
Indonesia yang berkemajuan merupakan aktualisasi dari cita-cita Proklamasi dan tujuan pembentukan Pemerintahan Negara Indonesia. Sebagaimana dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, cita-cita Proklamasi adalah terbentuknya Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Sedangkan tujuan dibentuknya Pemerintahan Negara Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Konsep Indonesia Berkemajuan memiliki semangat yang sama dengan ungkapan “memajukan kesejahteraan umum” yang memiliki nilai kebaikan, keadilan, kemakmuran dan keberadaban. Berkemajuan mengandung arti proses dan sekaligus tujuan yang bersifat ideal untuk mencapai kondisi unggul.
KH. Ahmad Dahlan sebagai pahlawan nasional berpesan kepada para muridnya agar menjadi manusia yang berkemajuan, yaitu manusia yang senantiasa mengikuti ajaran agama dan sejalan dengan kehendak (perkembangan) jaman . Soekarno, sebagai tokoh penting pergerakan nasional, berpendapat bahwa umat Islam akan tumbuh menjadi golongan yang maju apabila bersedia berpikir rasional, bersikap tidak kolot, serta mampu menangkap api Islam yang sebenar-benarnya.
Indonesia Berkemajuan memiliki beberpa dimensi. Pertama, berkemajuan dalam semangat, alam pikir, perilaku dan senantiasa berorientasi ke masa depan. Kedua, berkemajuan untuk mewujudkan kondisi yang lebih baik dalam kehidupan materiil dan spiritual. Ketiga, berkemajuan untuk menjadi unggul di berbagai bidang dalam pergaulan dengan bangsa lain.
Indonesia berkemajuan merupakan keharusan demi terwujdunya tatanan kebangsaan yang merdeka, adil, makmur, damai , berkemanusiaan, bermartabat dan berdaulat.

1 comment:

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts