Friday, September 11, 2015

Cara Haji dan Umrah Menurut Muhammadiyah



Setelah kita membahas hukum haji sebagaimana artikel saya sebelumnya di sini, saatnya kita mengkaji cara haji dan umrah menurut Muhammadiyah. Berhaji dan berumrah pada dasarnya adalah pergi ke negeri Allah SWT yang mulia, yaitu Mekah dan Madinah, dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Sebagaimana firman Allah,

 “padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim[*]; Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah[**]. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”
[*] Ialah: tempat Nabi Ibrahim a.s. berdiri membangun Ka'bah.
[**] Yaitu: orang yang sanggup mendapatkan perbekalan dan alat-alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalananpun aman.

Adapun hal-hal yang dilakukan dalam haji atau umrah adalah; ihram, thawaf, sa’i, tahalul dan khusus dalam haji juga melakukan wuquf di arofah.
Ihram berarti memakai pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki berupa 2 (dua) kain panjang dan selendang yang putih bersih. Satu helai untuk dikenakan sebagai sarung, dan satu helai lainnya digunakan menutupi badan, dengan tidak menutup kepala. Sedangkan untuk perempuan hanya tidak diperkenankan menutup muka dan telapak tangan.
Seseorang dikatakan mulai berihram ketika sampai di miqat, yaitu tempat mulai mengucapkan niat haji atau umrah. Adapun miqat-nya adalah dzul-hulaifah atau Juhfah atau Qarnil Manazil atau Yalamlam.
Jika menjalankan Haji Ifrad, maka lafal niat nya adalah “Labaika Hajjan” sedangkan jika kita Haji Tamattu’ dan Haji Qiran, maka kita membaca niat “Labaika ‘umratan wa hajjan”.
Sebelum kita mengenakan kain umrah, kita hendaknya mandi besar, kemudian menyisir dan meminyaki rambut kepala, dan memakai minyak wangi.


0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts