Saturday, September 12, 2015

Kekuatan Muhammadiyah



Sebagai sebuah organisasi yang telah berusia satu abad, Muhammadiyah telah menunjukkan bahwa ia memiliki kekuatan. Adapun kekuatan Muhammadiyah adalah sebagai berikut :
1.             Dasar Pergerakan.
Muhammadiyah sebagai organisasi Islam mendasarkan seluruh gerakannya kepada Al Quran dan As Sunnah Al Maqbulah yang disertai pengembangan ijtihad, menjadikan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam Modern yang terbesar sekaligus memperoleh kepercayaan luas dari umat Islam pada khususnya serta bangsa Indonesia dan masyarakat dunia pada umumnya.
2.             Reputasi Muhammadiyah
Muhammadiyah mempunyai reputasi sebagai gerakan Islam Modern yang terbesar di dunia, dan hal ini telah dikenal luas secara nasional maupun internasional, sehingga berdampak pada berbagai kemudahan dan dukungan yang diperoleh oleh Muhammadiyah dalam menyelenggarakan kegiatan di tingkat local maupun nasional, termasuk dalam mengembangkan program kerjasama dengan lembaga internasional.
3.             Jaringan Organisasi
Muhammadiyah memiliki jaringan organisasi yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan beberapa Negara ASEAN maupun Negara di luar itu yang membuat Muhammadiyah lebih mudah bergerak dan memberikan kekuatan kelembagaan dalam mengembangkan aktivitas di tingkat akar rumput yang membutuhkan koordinasi berjenjang dan melibatkan partisipasi masyarakat luas di berbagai daerah.
4.             Amal Usaha Muhammadiyah
Perkembangan amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang sangat besar secara kuantitatif juga menjadi asset sumber daya, fasilitas dan infrastruktur yang sangat penting bagi persyarikatan selain dalam mempertahankan diri dari berbagai krisis, sekaligus berkiprah luas dalam memajukan kehidupan bangsa dan umat manusia.
5.             Sumberdaya Manusia
Muhammadiyah memiliki sumberdaya manusia dengan latarbelakang social menengah, pendidikan tinggi, professional, kompetensi, serta integritas moral dan peran sosial yang cukup potensial sehingga tersebar luas di banyak struktur dan lingkungan kelembagaan baik di pemerintahan maupun non-pemerintah.
6.             Modal Sosial dan Moral
Muhammadiyah sebagai kekuatan organisasi social keagamaan atau organisasi kemasyarakatan yang telah berkiprah lama dan luas di Indonesia sejak pra kemerdekaan hingga setelah kemerdekaan, telah menjadikan gerakan Islam Muhammadiyah memiliki modal social dan modal moral sehingga menjadi kekuatan politik kebangsaan dan masyarakat madani yang diperhitungkan.

Demikian tadi adalah kekuatan yang dimiliki oleh Muhammadiyah, sebagaimana tercantum dalam Program Muhammadiyah 2015-2020 pada Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar 2015, yang dijadikan modal dalam bergerak dan terus berdakwah amar ma’ruf nahi munkar. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts