Sunday, November 29, 2015

4 Karakter Manusia Menurut Muhammadiyah



Dalam menghadapi berbagai persaingan peradaban yang tinggi dengan bangsa-bangsa lain dan demi masa depan bangsa Indonesia yang lebih maju maka diperlukan revitalisasi mentalitas bangsa kea rah pembentukan manusia Indonesia yang berkarakter kuat.


Berikut adalah 4 Karakter Manusia Menurut Muhammadiyah yang semestinya melekat kepada manusia Indonesia dan bangsa Indonesia :

1.       Relijius
Sifat relijius dicirikan oleh sikap hidup dan kepribadian taat beribadah, jujur, terpercaya, dermawan, saling tolong menolong dan toleran.

2.       Moderat
Sifat moderat seseorang dapat dilihat dari sikap hidup yang tidak radikal dan tercermin dalam kepribadian yang tengahan antara individu dan social, berorientasi materi dan ruhani, serta mampu hidup dan kerjasama dalam kemajemukan.

3.       Cerdas
Sifat cerdas dicirikan dengan sikap hidup dan kepribadian yang rasional, cinta ilmu, terbuka, dan berpikiran maju.

4.       Mandiri
Sifat mandiri dicirikan dengan sikap hidup dan kepribadian yang merdeka, disiplin tinggi, hemat, menghargai waktu, ulet, wirausaha, kerja keras, dan memiliki cinta kebangsaan tanpa kehilangan orientasi nilai-nilai kemanusiaan universal dan hubungan peradaban antas bangsa-bangsa.



0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive