Friday, November 27, 2015

4 Masalah Sosial Budaya Mengancam Indonesia



Bangsa Indonesia memiliki masalah-masalah di berbagai bidang, diantaranya adalah masalah social budaya. Masalah kebudayaan terkait erat dengan karakter bangsa, perilaku, dan kehidupan social masyarakat.

Berikut adalah 4 Masalah Sosial Budaya Mengancam Indonesia yang semestinya menjadi perhatian kita untuk bersama-sama dicarikan solusinya.

1.       Tidak ada strategi kebudayaan nasional
Ketiadaan strategi kebudayaan nasional telah menciptakan kondisi Indonesia yang asing di rumahnya sendiri, meskipun lembaga-lembaga kebudayaan dan para budayawan terus berkreasi.
2.       Memudarnya kohesi dan integrasi social
Bangsa Indonesia yang terkenal santun, berubah menjadi bangsa yang kurang menghargai perbedaan dan mudah melakukan kekerasan. Berbagai bentuk perilaku menyimpang dan kriminalitas cenderung meningkat, seperti penyalahgunaan narkotika, pembunuhan, pelecehan seksual, perdagangan manusia, pornografi dan pengrusakan lingkungan.
3.       Lemahnya Civil Society (Masyarakat Kewargaan)
Sebagai katalisator bagi kemajuan, masyarakat kewargaan bercirikan keber-adaban, keterbukaan, dan menolak segala jenis bentuk dan cara kekerasan. Semestinya masyarakat kewargaan menjadi dasar bagi pengembangan masyarakat Indonesia ke depan.
4.       Keluarga gagal membangun peradaban
Unit terkecil dari strata social adalah keluarga, yang darinya kemudian terbentuk sebuah masyarakat dan melahirkan suatu bangsa. Keluarga telah kehilangan fungsi utama dan kekuatannya sebagai institusi utama dan mendasar dalam mendidik dan membudayakan nilai-nilai luhur bagi generasi bangsa. Modernisasi telah menggerus rasa tanggungjawab dan peran penting keluarga. Budaya liberal telah membuat kebijakan untuk tidak mengintervensi institusi keluarga dengan dalih wilayah privasi.



0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive