Friday, November 27, 2015

Sampah Jakarta dan Solusi Muhammadiyah



Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitulah yang diajarkan Islam kepada pemeluknya. Sudah semestinya sebagai orang yang beriman menjalankan kaedah-kaedah dalam agama Islam, termasuk mejaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri, kebersihan rumah, maupun kebersihan lingkungan.

image source : portalkbr.com
 Muhammadiyah melalui salah satu majelisnya yaitu Majelis Lingkungan Hidup (MLH)
melakukan gerakan-gerakan untuk menanggulangi sampah yang semakin hari semakin banyak jumlahnya. Diantara gerakan menanggulangi sampah tersebut, yaitu shodaqoh sampah berbasis masjid diharapkan dapat mengatasi sampah Jakarta. Gerakan shodaqoh sampah berbasis masjid diwujudkan dengan kepedulian untuk mengelola secara tepat dan benar melalui prinsip reduce (kurangi), reuse (manfaat), dan recycle (daur ulang). Menurut Ketua MLH PW Muhammadiyah Jawa Barat, Apep, menyatakan bahwa kegiatan shodaqoh sampah ini merupakan bagian dari tiga kegiatan MLH PWM Jawa Barat, yaitu gerakan pelestarian lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan ekonomi kreatif.
Sementara itu Sekretaris MLH PP Muhammadiyah, Gatot Supangat, mengatakan bahwa, Sampah, walau dalam pandangan sebagian masyarakat dianggap sebagai sisa dan kotor, sesungguhnya memiliki nilai kemanfaatan yang luar biasa bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Prinsip Reduce, Reuse, dan Recycle mengajarkan kepada kita bahwa sampah dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berdayaguna, yang bisa memberikan manfaat bagi seluruh aspek kehidupan manusia, terutama aspek lingkungan.

0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive