Saturday, December 5, 2015

6 Sikap Terhadap Pluralitas Islam



Dalam upaya pendekatan idealitas Islam dengan realitas Islam yang plural dan dinamis diperlukan beberapa prinsip dalam bersikap. Berikut adalah 6 Sikap Terhadap Pluralitas Islam :


1.       Istimrariyyah
Upaya untuk melanjutkan berbagai produk pemikiran Islam yang telah ada secara menyeluruh.
2.       Tanwi’
Memberikan ruang dan tasamuh akan adanya
berbagai kemungkinan hasil kajian sehingga pluralitas pemahaman dan hasil kajian sangat dimungkinkan, selama masih berada pada ikhtilaf tanawwu’.
3.       Syumuliyyah
Usaha untuk menghadirkan Islam secara kaffah. Sehingga hasil pengkajian, baik dalam tataran pedoman praktis maupun pengembangan wacana keilmuan senantiasa memasuki berbagai wilayah kehidupan.
4.       Alamiyyah dan mahalliyah
Upaya pemahaman Islam yang menyentuh masalah-masalah global universal dan local particular.
5.       Ibtikariyyah
Kreativitas pemikiran yang konstruktif, resposif terhadap problem kemanusiaan, dengan komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Sehingga akan menimbulkan sikap adaptif tetapi sekaligus selektif.
6.       Ilahiyyah dan Rabbaniyyah
Selalu menjadikan prinsip Islam (tunduk), istislam (pasrah), dan ihsan (mendekatkan diri kepada Allah dan merasakan kehadiran Allah dalam dirinya), dlaam berpikir dan bertindak, dengan diikuti upaya menangkap, merumuskan dan menanamkan nilai-nilai Ilahiyyah pada tataran sosio-historis.

0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive