Saturday, December 5, 2015

Konferensi Internasional UMY : Minat Baca Tulis Rendah, SDM Rendah



Bangsa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar, baik itu berupa melimpahnya sumber daya alam (SDA) maupun jumlah sumber daya manusia (SDM). Jumlah penduduk Indonesia saat ini sekitar 250 juta jiwa. Jika hal ini ditunjang dengan sumber daya yang berkualitas dan dengan latar belakang pendidikan yang baik, maka akan berimbas baik pada peningkatan perekonomian Indonesia.


Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti,M.Sc.,Ph.D., Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, pada Konferensi Internasional
Program Studi Magister Keperawatan UMY menyatakan bahwa minat baca dan tulis masyarakat Indonesia masih sangat kurang.
“Kebiasaan masyarakat Indonesia lebih pada kebiasaan dengar dan bercakap-cakap. Sedangkan kebiasaan baca tulis sangat kurang.” Lanjut Prof. Ali. Rakyat Indonesia perlu menumbuhkan minat baca dan tulis sejak dini, sebagaimana telah dilakukkan oleh masyarakat di luar negeri seperti Singapura.
Penumbuhan minat baca dan tulis amat sangat penting untuk menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas. Prof. Ali juga menuturkan jika pendidikan baik, maka SDM yang dihasilkan juga akan baik.

0 comments:

Post a Comment

KAOS DAKWAH

Featured Post

Perjalanan Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Apa itu Shutterstock? Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin pertanyaan itu yang akan pertama kali muncul di benak ketika membaca jud...

Popular Posts

Blog Archive