Pilkada Serentak Tidak Lebih Baik



Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 memberikan harapan-harapan akan berlangsungnya pilkada yang lebih baik. Masyarakat mengharapakan pilkada yang jurdil, terbebas dari praktek money politics. Sehingga dari proses yang bersih masyarakat mempunyai harapan untuk memiliki pemimpin yang benar-benar berjuang demi kepentingan masyarakat.


Perlu diingat untuk memperkecil terjadinya kecurangan dan praktek-praktek negative dalam pelaksanaan
pilkada maupun pemilu, pemerintah telah berinisiatif untuk melaksanakan pilkada serentak. Namun apakah kebijakan ini akan berjalan sesuai harapan? Hal ini perlu kita dukung bersama untuk keberhasilannya, meskipun dimungkinkan masih banyak praktek negative yang dilakukan.
Yedi Mulya Permana, Ketua Umum DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah, mengatakan “Tak ada yang berubah, masyarakat juga tidak memperoleh pencerdasan dalam proses demokrasi. Money politics masih akan terus berlangsung”.
Jika benar yang dikhawatirkan oleh ketua umum IMM Jawa Tengah tersebut terjadi, maka hampir bisa dipastikan pilkada serentak tidak lebih baik daripada pilkada-pilkada yang telah lalu.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)